PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA KONSEP ZAT ADITIF MAKANAN (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs YPPA Cibeas Tahun Ajaran 2018/2019)

SYAHRUL, MUHAMAD (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA KONSEP ZAT ADITIF MAKANAN (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs YPPA Cibeas Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
3_PERNYATAAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
4_ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
6_DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (167kB)
[img] Text
7_BAB 1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
8_BAB 2.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9_BAB 3.pdf

Download (450kB)
[img] Text
10_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
11_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD SYAHRUL 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Multisensori terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Konsep Zat Aditif Makanan (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs YPPA Cibeas Tahun Ajaran 2018/2019)”. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multisensori terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep zat aditif makanan di kelas VIII MTS YPPA Cibeas tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Agustus 2021 di MTS YPPA Cibeas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true-experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTS YPPA Cibeas yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah peserta didik 77 orang. Sampel diambil dengan mengunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-C (kelas kontrol) dan VIII-A (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pada materi zat aditif makanan berupa soal pilihan majemuk sebanyak 35 butir dengan 4 pilihan jawaban pada setiap soalnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran multisensori terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep zat aditif makanan di kelas VIII MTS YPPA Cibeas tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Multisensori, Zat Aditif Makanan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:11
Last Modified: 15 Jul 2022 02:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6331

Actions (login required)

View Item View Item