MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tasikmalaya)

PANGESTU, LIPPI FIQRIYA (2021) MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK LIPPI FIQRIYA PANGESTU. 2021. “MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. (STUDI DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA TASIKMALAYA)”. Dibimbing oleh Yus Darusman dan Lulu Yuliani. Jurusan Pendidikan Msyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Mutu suatu pendidikan dapat mempengaruhi lulusan suatu lembaga persekolahan baik formal maupun nonformal. Manajemen program pendidikan yang dikelola dengan baik akan dapat meningkatkan mutu pendidikan meskipun dalam prosesnya secara bertahap. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan manajemen kesetaraan paket C di SKB Kota Tasikmalaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan, diantaranya ketersediaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam segi kuantitas yang masih kurang, penyebaran pembelajaran berbasis IT belum merata karena mutu pendidikan juga berkaitan dengan sarana prasarana yang memanfaatkan teknologi, fasilitas terkait ketersediaan buku yang idealnya memiliki rasio 1:1, peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat, serta sulitnya peserta didik menyesuaikan diri dengan peserta yang lain. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu pemecahan masalah yang didapatkan dengan cara mendeskripsikan keadaan objek atau subjek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan dari delapan informan dan data administratif lembaga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen program pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi aspek fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi, secara keseluruhan telah sesuai dan berjalan secara terstruktur serta telah mencapai tujuan seperti yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa manajemen program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Tasikmalaya secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan. Kata Kunci: Manajemen, paket C, Mutu, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:10
Last Modified: 15 Jul 2022 02:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6321

Actions (login required)

View Item View Item