PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

ZIKRI, MUHAMMAD FARDHALUS (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Bismillah Skripsi Muhammad Fardhalus Zikri (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran daring terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani kelas X SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian metode ex post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 432 siswa untuk 12 kelas X SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya dengan menggunakan teknik Probability sampling sehingga penentuan jumlah sampel 10% dari jumlah total siswa ini berjumlah 48 dan di bagi 4 orang tiap kelasnya. Berdasarkan hasil analisis data (1) diperoleh nilai rh = 0.31, yang bermakna kekuatan hubungan antara variabel X dengan Y1 termasuk dalam kategori rendah. Besar sumbangan variabel X terhadap Y1 diperoleh nilai sebesar 09.6%. Pada uji T di peroleh nilai th = 10.672 dan tt = 2.010 dengan taraf signifikansi 5%, dapat dinyatakan th > tt, yang berarti signifikan. (2) Diperoleh nilai rh = 0,03, yang bermakna kekuatan hubungan variabel X dengan Y2 termasuk dalam kategori sangat lemah. Besar sumbangan (konstribusi) variabel X terhadap Y2 sebesar 00.1%. Hasil uji T diperoleh nilai t = 0.244, dan tt = 2.010 dengan taraf signifikansi 5%, dapat dinyatakan th >tt yang berarti tidak signifikan. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran daring berpengaruh terhadap motivasi belajar, tetapi pembelajaran daring tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani kelas X SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Motivasi belajar, Hasil Belajar, Penjas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:01
Last Modified: 15 Jul 2022 02:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item