PROSES BERPIKIR METAFORIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

AISYAH, AI SITI (2021) PROSES BERPIKIR METAFORIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN DLL.pdf

Download (334kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

ABSTRAK AI SITI AISYAH. 2021. Proses Berpikir Metaforis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir metaforis peserta didik dan pada tahap mana peserta didik melakukan kesalahan paling banyak dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang peserta didik kelas VIII MTs Negeri 8 Kabupaten Tasikmalaya yang mampu memecahkan soal berpikir metaforis dengan melalui semua tahapan proses berpikir metaforis baik yang jawabannya benar maupun salah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) SP1 mampu memecahkan soal berpikir metaforis dengan melalui semua tahapan proses berpikir metaforis, serta memperoleh jawaban benar. Namun tidak melengkapi ukuran kolam renang yang semula dan baru dengan satuan, serta tidak menjelaskan kaitan dari permasalahan dengan konsep yang digunakan (2) SP2 mampu memecahkan soal berpikir metaforis dengan melalui semua tahapan proses berpikir metaforis, namun memperoleh jawaban yang salah. SP2 tidak melengkapi ukuran kolam renang yang semula dan baru dengan satuan, melakukan kesalahan dalam menghitung luas pernukaan masing-masing kolam renang dan tidak melengkapinya dengan satuan luas. (3) SP3 mampu memecahkan soal berpikir metaforis dengan melalui semua tahapan proses berpikir metaforis, serta memperoleh jawaban yang benar. Namun SP3 tidak melengkapi ukuran kolam renang yang baru dengan satuan. (4) Subjek melakukan kesalahan paling banyak pada tahap explore dengan indikator mendeskripsikan kesamaan dua ide, yaitu tidak melengkapi ukuran kolam yang baru dengan satuan, dan kesalahan dalam menghitung luas permukaan masing-masing kolam renang serta tidak melengkapinya dengan satuan. Kata Kunci: Proses Berpikir Metaforis, Kesalahan, Memecahkan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:52
Last Modified: 07 Jul 2022 08:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6289

Actions (login required)

View Item View Item