PEMASARAN BIJI KOPI ROBUSTA PETIK MERAH DAN PETIK ASAL

SOFYANI, VINA (2021) PEMASARAN BIJI KOPI ROBUSTA PETIK MERAH DAN PETIK ASAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (152kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK PEMASARAN BIJI KOPI ROBUSTA PETIK MERAH DAN PETIK ASAL Oleh : Vina Sofyani 175009038 Dosen Pembimbing: Suprianto Hj. Enok Sumarsih Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya, keuntungan, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran pada pemasaran biji kopi robusta petik merah dan petik asal. Metode penelitian menggunakan survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling. Tempat penelitian di Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan dilakukan pada bulan November 2020 hingga Juni 2021. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat 2 saluran pemasaran biji kopi robusta petik merah maupun petik asal, yaitu: saluran pemasaran I: petani – pedagang pengumpul – konsumen industri, saluran pemasaran II: petani - pedagang pengumpul – pedagang besar luar desa – konsumen industri. Total biaya pemasaran saluran I dan II biji kopi robusta petik merah masing-masing: Rp 7.792,3/kg dan Rp 8.449/kg, total biaya pemasaran saluran I dan II biji kopi robusta petik asal masing-masing: Rp 530,7/kg dan Rp 1.120,9/kg. Keuntungan pemasaran saluran I dan II biji kopi robusta petik merah masingmasing: Rp 17.207,7/kg dan Rp 21.551/kg, keuntungan pemasaran saluran I dan II biji kopi robusta petik asal masing-masing: Rp 469,3/kg dan Rp 3.379,1. Margin pemasaran saluran I dan II biji kopi robusta petik merah masing-masing: Rp 25.000,- /kg dan Rp 30.000,-/kg, margin pemasaran saluran I dan II biji kopi robusta petik asal masing-masing: Rp 1.000,-/kg dan Rp 4.500,-/kg. Nilai farmer’s share pemasaran saluran I dan II biji kopi robusta petik merah masing-masing: 58,3 persen dan 53,8 persen, nilai farmer’s share pemasaran saluran I dan II biji kopi robusta petik asal masing-masing: 94,7 persen dan 80 persen. Efisiensi pemasaran biji kopi robusta yang paling efisien adalah saluran pemasaran I biji kopi robusta petik asal karena memiliki nilai persentase farmer’s share yang paling tinggi, nilai margin terendah, pendeknya saluran pemasaran karena hanya melalui satu lembaga pemasaran dan memiliki nilai persentase efisiensi pemasaran terendah. Kata Kunci: Saluran pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Biji Kopi Robusta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:52
Last Modified: 07 Jul 2022 08:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item