ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB

LESTARI, RESTI PUJI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI RESTI FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK RESTI PUJI LESTARI. 2019. Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi matematis peserta didik berdasarkan gaya belajar diverger, akomodator, konverger, dan asimilator. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IX I SMP Negeri 4 Tasikmalaya yang terdiri dari 32 peserta didik. Dari 32 subjek penelitian dipilih 1 subjek pada masing-masing kelompok gaya belajar Kolb berdasarkan purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket gaya belajar Kolb, soal tes kemampuan abstraksi matematis, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan (1) peserta didik dengan gaya belajar diverger dapat menyelesaikan indikator kemampuan abstraksi matematis yang meliputi abstraksi empiris dan abstraksi teoretis kecuali indikator membuat generalisasi. (2) peserta didik dengan gaya belajar akomodator dapat menyelesaikan indikator kemampuan abstraksi matematis yang meliputi abstraksi empiris dan abstraksi teoretis kecuali indikator mengidentifikasi karakteristik objek yang dimanipulasikan atau diimajinasikan dan indikator membuat generalisasi. (3) peserta didik dengan gaya belajar konverger dapat menyelesaikan semua indikator kemampuan abstraksi matematis yang meliputi abstraksi empiris dan abstraksi teoretis. (4) peserta didik dengan gaya belajar asimilator dapat menyelesaikan semua indikator kemampuan abstraksi matematis yang meliputi abstraksi empiris dan abstraksi teoretis. Kata kunci: Kemampuan Abstraksi Matematis, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:25
Last Modified: 07 Jul 2022 08:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6281

Actions (login required)

View Item View Item