ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK MENURUT TINGKAT BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

PUTRI, NADIRA SUKMARANI EDIATY (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK MENURUT TINGKAT BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK NADIRA SUKMARANI EDIATY PUTRI. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Menurut Tingkat Berpikir Kreatif Ditinjau dari Self-Efficacy. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik menurut tingkat berpikir kreatif ditinjau dari self-efficacy. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan datanya menggunakan think aloud methods. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yakni soal kemampuan berpikir kreatif dan angket self-efficacy. Penelitian dilaksanakan di SMAIT At-Taufiq Al-Islamy. Subjek peneltian ini terdiri dari 2 peserta didik dari masing-masing kategori self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Peserta didik dengan self-efficacy tinggi yaitu S12T4 mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis, yaitu kefasihan (fluency), fleksibilitas, dan kebaruan (novelty) sehingga peserta didik S12T4 memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis sangat kreatif (tingkat 4). Pada indikator kefasihan, S12T4 mampu memberikan kemungkinan jawaban lebih dari satu. Pada indikator fleksibilitas ditunjukkan dengan S12T4 mampu memberikan alternatif penyelesaian (cara) yang berbeda. S12T4 mampu menyelesaikan soal menggunakan dua cara. Pada indikator kebaruan (novelty), peserta didik S12T4 mampu menunjukkan keaslian ide yang dibuat dalam menyelesaikan permasalahan, yaitu menyelesaikan soal SPLTV menggunakan tabel. Peserta didik dengan self-efficacy rendah yaitu S13R0 tidak mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis sehingga S13R0 memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis tidak kreatif (Tingkat 0). S13R0 tidak mampu memahami soal dengan baik, tidak dapat menyelesaikan soal SPLTV dengan benar, dan tidak memberikan alternatif jawaban lebih dari satu. S13R0 juga tidak mampu memberikan cara yang beragam atau mengemukakan kretivitasnya dengan keaslian ide yang dibuat dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, tingkat kemampuan berpikir kreatif, selfefficacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:43
Last Modified: 07 Jul 2022 01:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6270

Actions (login required)

View Item View Item