PENGARUH PENDIDIKAN INFORMAL YANG DITERAPKAN OLEH IBU KARIER DAN TIDAK KARIER TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 7-12 TAHUN (Studi Di Dusun Sukasari Desa Imbanagara Raya Kabupaten Ciamis)

FITRIANI, NURUL (2021) PENGARUH PENDIDIKAN INFORMAL YANG DITERAPKAN OLEH IBU KARIER DAN TIDAK KARIER TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 7-12 TAHUN (Studi Di Dusun Sukasari Desa Imbanagara Raya Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover skripsi nurul f.pdf

Download (12kB)
[img] Text
abstrak nurul f.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Lembar pengesahan nurul f.pdf

Download (289kB)
[img] Text
daftar isi nurul f.pdf

Download (230kB)
[img] Text
bab 1 nurul f.pdf

Download (364kB)
[img] Text
bab 2 nurul f.pdf

Download (455kB)
[img] Text
bab 3 nurul f.pdf

Download (560kB)
[img] Text
bab 4 nurul f.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
bab 5 nurul f.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
daftar pustaka nurul f.pdf

Download (451kB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Pendidikan Informal Yang Diterapkan Oleh Ibu Karier dan Tidak Karier Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 7-12 Tahun (Studi Di Dusun Sukasari Desa Imbanagara Raya Kabupaten Ciamis) Abstrak : Dalam menanamkan sikap disiplin setiap orangtua khususnya ibu karir dan tidak karir akan berbeda, sesuai dengan cara mendidik dan kebiasaan dalam menerapkan pendidikan informal pada anak dalam keluarganya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dan perbedaan pendidikan informal yang diterapkan oleh ibu karir dan tidak karir terhadap kedisiplinan anak usia 7-12 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 92 orang (α=0,1) dengan dua kategori yaitu ibu karir dan tidak karir. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis komparatif (one way annova). Teori yang mendukung dalam penelitian ini yaitu mengenai pendidikan informal, pendidikan keluarga dan kedisiplinan. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan informal yang diterapkan oleh ibu secara keseluruhan, ibu karir dan tidak karir terhadap kedisiplinan anak. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pendidikan informal yang diterapkan oleh ibu karir dengan tidak karir terhadap kedisiplinan anak. Kesimpulannya baik ibu karir maupun tidak karir, keduanya sama-sama bisa menerapkan pendidikan informal dan membuat anak berperilaku disiplin, yang artinya penerapan pendidikan informal dan perilaku disiplin anak itu tidak dilihat dari ibu karir ataupun tidak karir, tetapi dilihat dari family management practice. Rekomendasi atas penelitian ini yakni untuk selalu mempertahankan family management practice yang baik dalam menerapkan pendidikan informal bagi seorang ibu karir disela kesibukannya, dan perlu adanya peningkatan keintensifan ibu tidak karir dalam menerapkan pendidikan informal pada anak agar perilaku disiplin anak semakin baik. Kata kunci : Pendidikan, Informal, Ibu, Kedisiplinan, Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:42
Last Modified: 07 Jul 2022 01:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6267

Actions (login required)

View Item View Item