ROSITA, AYI (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE PODCAST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Masa Pendudukan Jepang di Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMAN 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (349kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (464kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (432kB) |
|
Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (549kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (627kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (647kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (528kB) |
|
Text
9. DSAFTAR TABEL.pdf Download (529kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (523kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (524kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (664kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (802kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (851kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (750kB) |
Abstract
ABSTRAK AYI ROSITA. 2021. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE PODCAST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Masa Pendudukan Jepang di Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMAN 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021)” Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah peminatan materi masa pendudukan Jepang di Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/ 2021 menggunakan media pembelajaran google podcast. (2) Untuk menunjukkan pengaruh media pembelajaran google podcast terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan materi masa pendudukan Jepang di Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/ 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen pendekatan kuantitatif, yang akan menghasilkan data berupa angka-angka. Jenis eksperimennya menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design, desain ini digunakan untuk membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelompok yang diujicobakan. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara random. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Penelitian ini menunjukan (1) deskripsi proses pembelajaran sejarah peminatan materi masa pendudukan Jepang di Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/ 2021 menggunakan media pembelajaran google podcast. (2) Terdapat pengaruh media pembelajaran google podcast terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan materi masa pendudukan Jepang di Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/ 2021. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test menunjukan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran google podcast terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Google Podcast, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 01:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6256 |
Actions (login required)
View Item |