STUDI PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ILL-STRUCTURED MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT

SUSILISNAWATI, AI (2021) STUDI PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ILL-STRUCTURED MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3 Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
2 Lembar pengesahan.pdf

Download (102kB)
[img] Text
5 Bab 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
7 Bab 2.pdf

Download (381kB)
[img] Text
8 Bab 3.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
10 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
11 Dftr Pustaka.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK AI SUSI LISNAWATI. 2021. Studi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Ill-Structured Matematika Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau Dari Tipe Keperibadian Extrovert dan Introvert. Pascasarjana Pendidikan Matematika,Universitas Siliwangi. Proses berpikir kreatif matematik merupakan salah satu cara untuk melihat persoalan dari banyak perspektif. Tahapan berpikir yang dikembangkan oleh Wallas meliputi tahap pesiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi dan tahap verifikasi. Masalah illstructured matematika merupakan masalah yang unsur-unsurnya tidak disajikan secara jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah ill-structured matematika berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kreatif dalam bentuk ill-structured, angket tipe kepribadian extrovert - introvert yang diambil dari MBTI (Myer Bringgs Type Indicator) dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar angket tipe kepribadian, soal tes berpikir kreatif dalam bentuk ill-structured. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang diambil dari kelas VIII F SMP Negeri 1 Singaparna yang berjumlah 30 siswa tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Semua subjek extrovert melalui tahap persiapan, iluminasi dan verifikasi dengan karakteristik umum tipe kepribadian extrovert yang sama, kecuali tahap inkubasi karena ada salah satu subjek yang tidak melewati tahap inkubasi. Semua subjek extrovert hanya mampu memenuhi beberapa indikator berpikir kreatif saja, hal ini karena subjek terlalu fokus pada rumus. (2) Semua subjek introvert dapat melewati semua tahapan Wallas yang meliputi tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi dengan karakteristik umum tipe kepribadian introvert yang sama. Hanya satu subjek yang mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif, sedangkan dua subjek lainnya hanya mampu memenuhi beberapa indikator saja yaitu fluency dan elaborasy. KataKunci:berpikir kreatif,ill-structured,tipe kepribadian extrovert dan introvert.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:52
Last Modified: 06 Jul 2022 01:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item