EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Eksperimen di kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

NOPIYANTI, WULAN KHOPIPAH (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Eksperimen di kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Print Skripsi_Wulan Khopipah (172154009) (Autosaved)-1.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Print Skripsi_Wulan Khopipah (172154009) (Autosaved)-2.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Print Skripsi_Wulan Khopipah (172154009) (Autosaved)-15-23 bab 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Print Skripsi_Wulan Khopipah (172154009) (Autosaved)-24-48.pdf

Download (809kB)
[img] Text
Print Skripsi_Wulan Khopipah (172154009) (Autosaved)-49-66.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Print Skripsi_Wulan Khopipah (172154009) (Autosaved)-67-93.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Print Skripsi_Wulan Khopipah (172154009) (Autosaved)-94.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
Print Skripsi_Wulan Khopipah (172154009) (Autosaved)-95-99 dapus.pdf

Download (636kB)

Abstract

ABSTRAK WULAN KHOPIPAH NOPIYANTI 2021. EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2021/2022), Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran google classroom terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dari X MIPA 1 sampai X MIPA 5 yang berjumlah 175 siswa. Sampel penelitian diambil kelas X MIPA 4 yang berjumlah 30 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media pembelajaran google classroom dan variabel terikat yaitu literasi sains dan hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes hasil belajar berbentuk multiple choice yang terdiri dari 28 soal, tes literasi sains berbentuk multiple choice yang terdiri dari 25 soal, dan wawancara kepada beberapa siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media google classroom. Proses analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 26 for Windows serta dalam hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran google classroom efektif terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup dengan skor rata-rata Ngain literasi sains ( ̅ = 0.41) dan skor rata-rata N-gain hasil belajar ( ̅ = 0.34) yang berarti efektivitas media pembelajaran google classroom terhadap literasi sains dan hasil belajar bersifat sedang. Kata Kunci : Google Classroom, Hasil Belajar, Literasi Sains.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:38
Last Modified: 04 Jul 2022 07:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item