PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sidareja Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/ 2022)

Pratiwi, Restantia Sukma (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sidareja Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/ 2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK RESTANTIA SUKMA PRATIWI. 2021. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sidareja Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/ 2022). Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sidareja tahun ajaran 2021/ 2022 menggunakan media pembelajaran powtoon. (2) Untuk menunjukkan pengaruh media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sidareja tahun ajaran 2021/ 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen pendekatan kuantitatif, yang akan menghasilkan data berupa angka-angka. Jenis eksperimennya menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design, desain ini digunakan untuk membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelompok yang diujicobakan. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara random. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sidareja. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Penelitian ini menunjukan (1) deskripsi proses pembelajaran sejarah materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sidareja tahun ajaran 2021/ 2022 menggunakan media pembelajaran powtoon. (2) Terdapat pengaruh media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sidareja tahun ajaran 2021/ 2022. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test menunjukan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Powtoon, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:42
Last Modified: 04 Jul 2022 04:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item