PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA NEGERI 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018)

INTAN FITRIYANI, DEDE (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA NEGERI 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover Skripsi FIX.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3. Abstrak Skripsi FIX.pdf

Download (302kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar Skripsi FIX.pdf

Download (271kB)
[img] Text
5. Daftar Isi Skripsi FIX.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10. Bab II Skripsi.pdf

Download (238kB)
[img] Text
11. Bab III Skripsi.pdf

Download (572kB)
[img] Text
12. Bab IV Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
13. Bab V Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (87kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar peserta didik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasinya adalah jumlah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas yaitu 164 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa pilihan ganda sebanyak 28 soal. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t Independent. Dari data perhitungan kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest sebesar 8,63 dan rata-rata posttest sebesar 21,66. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh nilai signifikan atau Sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Dengan demikian nilai signifikan < α atau 0,000 < 0,05 maka diterima, artinya bahwa terdapat perbedan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI). Perbedaannya dapat dilihat pada rata-rata nilai posttest sebesar 21,66 lebih tinggi daripada nilai pretest sebesar 8,63. Jadi terdapat kenaikan rata-rata hasil belajar sebesar 1,50 atau 150%. Sehingga dapat dikatakan bahwa model kooperatif Tipe Group investigation (GI) dapat mengubah hasil belajar peserta didik lebih baik pada mata pelajaran ekonomi khususnya materi Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:49
Last Modified: 28 Aug 2019 04:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item