KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

ILLAH, HAYKAL YUSUF (2021) KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Judul.pdf

Download (19kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (199kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (174kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (800kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (715kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB)

Abstract

ABSTRAK HAYKAL YUSUF ILLAHI 2021. KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui korelasi efektivitas pembelajaran daring dengan hasil belajar peserta didik pada materi jamur di kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dari X MIPA 1 sampai X MIPA 5. Sampel penelitian diambil dari seluruh peserta didik di kelas X MIPA 1 jumlahnya 35 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu hasil belajar dan variabel terikat yaitu efektivitas pembelajaran daring. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda terdiri dari 42 soal dan angket efektivitas pembelajaran daring terdiri dari 31 pernyataan. Setiap item pernyataan memiliki alternatif jawaban yang menunjukkan derajat kesesuaian atau ketidaksesuaian dengan diri subjek. Alternatif jawaban terdiri dari empat pilihan, yaitu sangat sesuai (SS), sesuai (S), tidak sesuai (TS), dan sangat tidak sesuai (STS). Proses analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 26 serta dalam hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi antara efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jamur dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,495 yang berarti korelasi kedua variabel bersifat sedang Kata kunci: efektivitas pembelajaran daring, hasil belajar, jamur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:40
Last Modified: 04 Jul 2022 04:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6205

Actions (login required)

View Item View Item