KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 13 Garut Tahun Ajaran 2019/2020)

Nurdiansyah, Aas (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 13 Garut Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR GRAFIK, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
10. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Aas Nurdiansyah. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Pembelajaran Menganalisis Unsur Pembangun Puisi dan Menulis Puisi dengan Memperhatikan Unsur Pembangunnya (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 13 Garut Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kompetensi Dasar (KD) yang harus dicapai oleh peserta didik kelas X SMA Negeri 13 Garut, yaitu KD 3.17 menganalisis unsur pembangun puisi dan KD 4.17 menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Materi tersebut mengharuskan peserta didik untuk menganalisis bagian-bagian unsur pada puisi dan menulis puisi. Namun banyak peserta didik yang merasa kesulitan menganalisis dan menulis puisi, karena beranggapan bahwa unsur-unsur puisi sangat kompleks dan penggunaan kata dalam puisi sulit dipahami sehingga memengaruhi hasil pembelajaran peserta didik. Dalam mengatasi permasalahan ini, penulis melaksanakan eksperimen yakni pada kelas X IPS SMA 13 Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran menganalisis dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya pada peserta didik kelas X IPS 3 SMA 13 Garut. Penulis menerapkan teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian dilaksanakan menggunakan rancangan dua kelompok sampel yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 Oktober 2019 sampai 23 Oktober 2019 dengan melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas X IPS 3 dan X IPA 6 semester genap SMA Negeri 13 Garut. Data hasil nilai yang didapat setelah menguji cobakan model Think Pair Share dari peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share di kelas eksperimen yaitu kelas X IPS 3 pada KD 3.17 mencapai 81 dan pada KD 4.17 mencapai angka 84 sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction yaitu kelas X IPA 6 pada KD 3.17 mencapai angka 77,4 dan pada KD 4.17 mencapai angka 81. Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:21
Last Modified: 01 Jul 2022 03:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item