PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI HUKUM NEWTON

RIPANI, SITI NURLINA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI HUKUM NEWTON. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nurlina Ripani. 2022. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI HUKUM NEWTON E-Modul berbasis android berbantuan Lectora Inspire pada materi Hukum Newton sudah dikembangkan. E-Modul dikemas sedemikian rupa untuk membantu dalam proses pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan E-Modul berbasis android berbantuan Lectora Inspire pada materi Hukum Newton. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada satu guru fisika SMA Negeri 5 Tasikmalaya, angket uji validitas kepada tiga ahli, angket kepraktisan kepada 34 siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya dan dua guru fisika SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil wawancara serta saran dan komentar dari validator, siswa, dan guru sedangkan data kuantitatif berupa hasil penilaian validator, guru, dan siswa menggunakan skala likert pada angket kevalidan dan kepraktisan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase validasi oleh ahli materi sebesar 89% dengan kriteria sangat valid, persentase validasi oleh ahli media dan digital sebesar 92% dengan kriteria sangat valid, dan persentase validasi oleh ahli bahasa sebesar 86% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan siswa mendapatkan hasil persentase 82% dengan kategori sangat praktis sedangkan hasil uji kepraktisan guru mendapatkan hasil persentase 88% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji validasi dan kepraktisan tersebut diperkuat dengan hasil wawancara kepada guru dan angket siswa bahwa e-modul mudah digunakan, mudah dipahami, dan menarik bagi pengguna. Oleh karena itu, e-modul berbasis android berbantuan Lectora Inspire pada materi Hukum Newton yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Aplikasi android, E-modul, Lectora Inspire, hukum newton

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:26
Last Modified: 30 Jun 2022 08:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6191

Actions (login required)

View Item View Item