PRATIWI, NINDIA WAHYU (2020) KORELASI ANTARA METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MIPA DI MA NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI NINDIA WAHYU P 162154058_A4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Metakognitif diartikan sebagai kesadaran dan kontrol atas proses kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara metakognitif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas X MIPA di MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2020 s/d Agustus 2020 dengan populasi seluruh kelas X MIPA MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020, sebanyak 3 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah 52 peserta didik, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang diadaptasi dari Schraw dan Dennison (1994) untuk mengukur variabel metakognitif. Data variabel hasil belajar diperoleh dari data sekunder guru mata pelajaran biologi berupa nilai ulangan harian keanekaragaman hayati. Uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi bivariate pearson dengan bantuan software SPSS versi 26 for windows. Hasil analisis data menunjukan terdapat korelasi yang positif antara metakognitif terhadap hasil belajar peserta didik dengan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = 2,153 + 0,627x. Metakognitif memberikan kontribusi sebesar 50,6% terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Metakognitif, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 07:01 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 07:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6175 |
Actions (login required)
View Item |