FIRDAUS, FAHRI (2022) PROTOTYPE SISTEM KENDALI KECEPATAN MOTOR DC DENGAN PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE (PID) CONTROLLER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (192kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (108kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL.pdf Download (227kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
ABSTRAK Motor DC merupakan salah satu jenis aktuator yang cukup banyak digunakan dalam bidang industri, misalnya industri pembuatan kue, yang menggunakan motor DC pada mesin pencampuran bahan kue, dalam proses pencampuran bahan kue harus disesuaikan antara kecepatan dengan beban bahan, dikarenakan jika beban bahan kue lebih berat akan mempengaruhi laju kecepatan mesin pencampur. Sehingga, permasalahan yang harus diselesaikan yaitu bagaimana mengendalikan kecepatan motor DC ketika ada beban bervareatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan mengendalikan kecepatan motor DC menggunakan sistem kendali kecepatan Proportional Integral Derivatif (PID) controller. Proportional Integral Derivatif (PID) merupakan kontrol yang memanfaatkan feedback dari keluaran yang mengandung sinyal kesalahan atau selisih dari nilai yang diharapkan. Penentuan parameter kontroler PID menggunakan metode tunning Zeigler-Nichols karena menggunakan rumus-rumus sederhana dan proses trial and error hanya pada pencarian parameter Kp. Hasil penentuan parameter kontroler PID diperoleh nilai Kp = 1,8, Ki=0,4, dan Kd=2,025. Dari nilai parameter Kp, Ki, dan Kd tersebut sistem kontroler PID berjalan dengan kecepatan diset 600 rpm dan menghasilkan nilai Rise Time = 1,8 detik, Settling Time = 13 detik, Overshoot sebesar 3,7% dan error steady state sebesar 1 rpm, dan pada saat sistem berjalan diberi beban kecepatan motor DC menurun dan kembali pada setpointnya dengan waktu 19 detik. Kata Kunci: Motor DC, Kontroler PID, Zeigler-Nichols.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 06:23 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6143 |
Actions (login required)
View Item |