PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MEMAHAMI MATERI TRIGONOMETRI

SAEPULOH, SAEPULOH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MEMAHAMI MATERI TRIGONOMETRI. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
03 Lembar Pengesahan.pdf

Download (70kB)
[img] Text
04 Kata Pengantar dst.pdf

Download (136kB)
[img] Text
05 BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
06 BAB II.pdf

Download (328kB)
[img] Text
07 BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
08 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
09 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Saepuloh. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline untuk Memahami Materi Trigonometri. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Siliwangi. Permasalahan yang ditemukan dalam observasi pendahuluan adalah siswa masih mengalami kesulitan baik konsep atau perhitungan matematika sehingga sebagian besar hasil belajar siswa di bawah KKM pada materi trigonometri. Guru harus bisa menciptakan situasi yang mampu memberikan stimulus kepada siswa untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran, maka, perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia dengan menggunakan Articulate Storyline materi trigonometri. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline pada materi Trigonometri. (2) Menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan Articulate Storyline terhadap pemahaman siswa pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D (Four-D Model) oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Produk dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif materi Trigonometri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi instrumen validasi berupa angket validasi ahli media, instrumen validasi ahli materi, instrumen uji coba produk, dan soal tes. Uji coba dilaksanakan di Lab Bahasa MA Assa’adah. Dengan subjek penelitian kelas X IPA 1 MA Assa’adah yang berjumlah 32 siswa. Namun jumlah siswa dibatasi 50% karena masih dalam kondisi pandemi. Teknik analisis data meliputi analisis validitas, analisis kepraktisan, analisis keefektifan dan effect size. Hasil validasi Kualitas isi dan tujuan memperoleh presentasi sebesar 88% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi kualitas teknis memperoleh presentasi sebesar 87,50% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil respons siswa terhadap media pembelajaran diperoleh skor rata-rata 85,21% dengan keterangan Sangat Baik. Dengan demikian, media pembelajaran dapat dikatakan praktis. Hasil test menunjukkan 14 siswa melampaui KKM dan 2 siswa mencapai KKM. Dari hasil uji statistika, antara nilai pretest dengan post-test menunjukkan perbedaan rata-rata yang signifikan (nilai thitung 18,581 > ttabel 2,131). Hasil effect size 4,645 > 1,00, maka diinterpretasikan termasuk kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif ini berpengaruh dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan kata lain penggunaan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan Articulate Storyline pada materi trigonometri efektif terhadap pemahaman siswa. Kata kunci: Articulate Storyline, motivasi belajar, model 4D, trigonometri

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:50
Last Modified: 28 Jun 2022 04:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6118

Actions (login required)

View Item View Item