Muhammad, Raden Syofian (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG VIP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (70kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (39kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (33kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (76kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA PEMINATAN ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN 2022 ABSTRAK RADEN SYOFIAN MUHAMMAD HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG VIP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN CIAMIS Mutu pelayanan rumah sakit mempunyai dua komponen, pemenuhan terhadap standar mutu yang ditetapkan dan pemenuhan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan survei dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah orang yang pernah dirawat inap diruangan very important person (VIP) rumah sakit umum daerah kabupaten ciamis dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Data yang diperoleh melalui google form melalui nomor telepon. Analisis data yang dilakukan analisis univariat dan bivariat dengan uji normalitas pada data tersebut menggunakan uji korelasi rank spearman. Jawaban sebagian besar responden berada direntang usia 46-55 39 (39,0%), Pendidikan S1 68 (68%), pekerjaan wiraswasta 42 (42,0%). Hasil uji normalitas diketahui keseluhuran hasil data berdistribusi tidak normal nilai signifikasinya kurang dari 0,05, maka menggunakan uji koefisien rank spearman. hasil Korelasi koefisien hubungan tangibles dengan kepuasan pasien sebesar 0,947, hubungan reability dengan kepuasan pasien sebesar 0,975, hubungan responsiveness dengan kepuasan pasien sebesar 0,916, hubungan assurance dengan kepuasan pasien sebesar 0,969, hubungan emphaty dengan kepuasan pasien sebesar 0,780. Hasil uji koefisien korelasi spearman diperoleh nilai Sig (2tailed) adalah sebesar 0,000, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara tangibles, reability, responsiveness, assurance dan emphaty dengan tingkat kepuasan pasien. Saran bagi rumah sakit sebagai penyelenggara mampu meningkatkan kualitas dari pelayanan khususnya pada rawat inap demi peningkatan kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan. Kata Kunci : Rumah Sakit, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien. Kepustakaan : 37 (2005-2021)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:32 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6104 |
Actions (login required)
View Item |