PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUICK RESPONSE CODE (QRC) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Proses Integrasi Nusantara di Kelas X IPS 2 SMAN 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021)

MUHAPIDIN, APIP (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUICK RESPONSE CODE (QRC) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Proses Integrasi Nusantara di Kelas X IPS 2 SMAN 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN TEORETIS.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK APIP MUHAPIDIN. 2021. Pengaruh Media PEmbeljaran Quick Response (QR) Code Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Proses Integrasi Nusantara di Kelas X IPS 2 SMAN 6 Tasikmalaya Semester Genap. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan (1). Mendeskripsikan penerapan Media pembelajaran Code pada pelajaran sejarah materi Peranan Para Ulama dalam Proses Integrasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 6 TASIKMALAYA Semester genap tahun ajaran 2020/2021 (2). Menunjukan pengaruh penggunaan media pembelajaran QR Code pada pelajaran sejarah materi Peranan Para Ulama dalam Proses Integrasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 6 TASIKMALAYA Semester genap tahun ajaran 2020/2021 Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yang akan menghasilkan data berupa angka-angka. Adapun jenis eksperimennya adalah desain quasi eksperimen, sementara desain penelitian yaitu Posttest Only Control Group Design, desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil posttest pada kelompok yang diujicobakan,. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 6 Tasikmalaya, sedangkan kelas yang digunakan untuk sampel yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner/ angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat proses pelaksanaan pembelajaran sejarah materi perdagangan antar pulau menggunakan media pembelajaran Quick Response Code (3) Terdapat pengaruh media pembelajaran Quick Response Code pada pelajaran sejarah materi proses Integrasi nusantara terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test analisis diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran QRQ Code terhadap motivasi belajar. Kata Kunci: Quick Response Code, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:58
Last Modified: 24 Jun 2022 07:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item