Pengaruh Persepsi Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Kewirausahaan

PRANA PRISAPAN, ADI (2018) Pengaruh Persepsi Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Kewirausahaan. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
4 ABSTRAK BAB 1.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTARrevisi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI Revisi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
10 BAB 1 Revisi.pdf

Download (190kB)
[img] Text
11 BAB 2 Revisi.pdf

Download (317kB)
[img] Text
12 BAB 3 ADI BARU Revisi.pdf

Download (621kB)
[img] Text
13 BAB 4 Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
14 BAB 5 Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA belum.pdf

Download (86kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian mengenai prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya yang belum optimal, karena masih banyaknya siswa yang belum mampu bersaing dengan siswa lain. Berdasarkan permaslahan tersebut bahwa kompetensi profesional guru merupakan faktor yang dominan dalam menentukan kualitas pembelajaran. Artinya kalau guru yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran mempunyai kompetensi profesional yang bagus, akan mampu meningkatkan sikap dan prestasi belajar siswa yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran, begitu juga sebaliknya. Adapun tujuannya untuk mengetahui pengaruh persepsi kompetensi profesional guru terhadap prestasi Belajar siswa pada bidang studi kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian sebanyak 783 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 5% yang hasilnya sebanyak 266 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tasikmalaya untuk dijadikan sampel. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan untuk uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji t (Parsial). Berdasarkan persamaan regresinya diterjemahkan bahwa konstanta sebesar 44,997 menyatakan setiap peningkatan persepsi kompetensi profesional guru sebesar satu satuan nilai prestasi belajar, maka nilai persepsi kompetensi profesional guru bertambah sebesar 0,614. Kemudian nilai uji t diketahui nilai thitung sebesar 8,347 > ttabel 1,972, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi kompetensi profesional guru (X) berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar (Y). Kata Kunci : Persepsi, Kompetensi, Profesional, Guru, Prestasi, Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:38
Last Modified: 27 Aug 2019 07:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item