PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DAN FLIP CHART MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Rohman, Abdul (2019) PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DAN FLIP CHART MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3. ABSTRAK (print lg).pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB III (print hal 31).pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Flash Card dan Flip Chart dengan bantuan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 sampai dengan Mei 2019 di MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi experimental. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X IIS MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya sebanyak 154 orang yang terbagi atas empat kelas. Sampel penelitian sebanyak 37 orang peserta didik di kelas X IIS 2 dan 39 orang peserta didik di kelas X IIS 3. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pada materi manajemen berupa soal pilihan ganda lima options sebanyak 25 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan bantuan program SPSS versi 23 yaitu uji paired sampel t test dan independen sampel t dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang proses pembelajarannya menggunakan media pembelajaran flip chart dan yang menggunakan media pembelajaran flash card berbantuan model pembelajaran Picture and Picture. Kata kunci : Flash Card, Flip Chart, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:38
Last Modified: 27 Aug 2019 07:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item