PENGARUH BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI HUBUNGAN PERKEMBANGAN PAHAM-PAHAM BESAR DENGAN GERAKAN NASIONALISME DI ASIA-AFRIKA (Paham Demokrasi, Nasionalisme dan hubungannya dengan Nasionalisme di Asia-Afrika) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 2 SMAN 1 CIHAURBEUTI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/2021

KUSTIANI, DINA (2021) PENGARUH BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI HUBUNGAN PERKEMBANGAN PAHAM-PAHAM BESAR DENGAN GERAKAN NASIONALISME DI ASIA-AFRIKA (Paham Demokrasi, Nasionalisme dan hubungannya dengan Nasionalisme di Asia-Afrika) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 2 SMAN 1 CIHAURBEUTI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

ABSTRAK Dina Kustiani, 2021. Pengaruh Blended Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Hubungan Perkembangan Paham-Paham Besar dengan Gerakan Nasionalisme di Asia-Afrika (Paham Demokrasi, Nasionalisme dan hubungannya dengan Nasionalisme di Asia-Afrika) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Cihaurbeuti Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Blended Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Hubungan Perkembangan Paham-Paham Besar dengan Gerakan Nasionalisme di Asia-Afrika (Paham Demokrasi, Nasionalisme dan Hubungannya dengan Nasionalisme di Asia-Afrika) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Cihaurbeuti Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Mengetahui apakah terdapat Pengaruh Blended Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Hubungan Perkembangan Paham-Paham Besar dengan Gerakan Nasionalisme di Asia-Afrika (Paham Demokrasi, Nasionalisme dddan Hubungannya dengan Nasionalisme di Asia-Afrika) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Cihaurbeuti Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan Desain Pre-Experimental One Group PretestPosttes. Desain ini belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh, karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode test yang dibagi menjadi dua tahap yaitu test awal (pretest) dan test akhir (posttest) dan juga menggunakan metode observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu butir soal dan pedoman Observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Data Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh Blended Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran sejarah peminata Materi Hubungan Perkembangan Paham-Paham Besar dengan Gerakan Nasionalisme di Asia-Afrika (Paham Demokrasi, Nasionalisme dan hubungannya dengan Nasionalisme di Asia-Afrika), hal ini ditunjukan Hasil Test Statisticsa pada tabel output “Test Statistics” dalam uji Mann-Whitney menggunakan SPSS 16.0 menunjukan bahwa nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Blended Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:37
Last Modified: 23 Jun 2022 02:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6075

Actions (login required)

View Item View Item