PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THIK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN SERTA MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI (Eksperimen pada Siswa Kelas X MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022).

Rizal, Dimas Muhammad Imami (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THIK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN SERTA MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI (Eksperimen pada Siswa Kelas X MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (611kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (603kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (813kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (736kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (777kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (894kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (719kB)

Abstract

ABSTRAK Dimas Muhammad Imami Rizal, 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERGADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN SERTA MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI (Eksperimen pada Siswa Kelas X MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik kelas X adalah teks biografi. Kompetensi Dasar yang berkaitan dengan biografi adalah kompetensi dasar 3.15 menganalisis aspek makna dan kebahasaan serta 4.15 menceritakan kembali isi teks biografi secara lisan maupun tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menganalisis aspek makna dan kebahasaan serta menceritakan kembali isi teks biografi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X di MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X IPS berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest ke nilai rata-rata postest dalam kemampuan menganalisi aspek makna dan kebahasaan serta menceritakan kembali isi teks biografi di kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 33,54, dan nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen sebesar 83,43 dalam menganalisis aspek makna dan kebahasaan teks biografi. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 57,78, dan nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen sebesar 86,26 dalam menceritakan kembali isi teks biografi. Nilai ratarata pretest pada kelas kontrol sebesar 35,21, dan nilai rata-rata postest pada kelas kontrol sebesar 79,69 dalam menganalisis aspek makna dan kebahasaan teks biografi. Nilai ratarata pretest pada kelas kontrol sebesar 57,13, dan nilai rata-rata postest pada kelas kontrol sebesar 84,34 dalam menceritakan kembali isi teks biografi. Dalam perhitungan secara statistik pembelejaran Think Talk Write ini memberikan pengaruh terhadap kemampuan menganalisis aspek makna dan kebahasaan serta menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis. Penulis menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 < Wtabel = 55 artinya uji normalitas dalam pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis aspek makna dan kebahasaan serta menceritakan kembali isi teks biografi. Artinya, hipotesis penelitian penulis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:54
Last Modified: 23 Jun 2022 00:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6070

Actions (login required)

View Item View Item