SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN CABAI MERAH (Kasus Pemasaran Cabai Merah Besar Dari Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya Sampai ke Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Jatinegara)

YUSARAH, AISYAH (2018) SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN CABAI MERAH (Kasus Pemasaran Cabai Merah Besar Dari Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya Sampai ke Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Jatinegara). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (872kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (187kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan fungsi lembaga pemasaran cabai merah besar dari Kecamatan Taraju sampai ke pasar induk Kramat Jati dan pasar Jatinegara serta mengkaji besarnya biaya, keuntungan, margin, dan farmer share. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu Kecamatan Taraju. Responden lembaga pemasaran ditentukan dengan menggunakan snowball sampling. Sampel pedagang pengumpul yang diambil sebanyak 4 orang, pedagang besar 3 orang, dan pedagang pengecer 5 orang. Data yang diambil berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua tipe saluran pemasaran cabai merah besar dari Kecamatan Taraju yaitu, saluran tiga tingkat adalah produsen pedagang pengumpul pedagang besar pedagang pengecer konsumen. Saluran dua tingkat adalah produsen pedagang pengumpul pedagang pengecer konsumen. Biaya total aluran I Rp 6.281,45/kg sedangkan saluran II Rp 5.662,6/kg. keuntungan total saluran I Rp 3.718,5/kg, saluran II Rp 4.337,4/kg. Margin pemasaran dan farmer share pada saluran I dan II adalah sama yaitu Rp 10.000. Besarnya farmer share yaitu 77,8%. Kata kunci: Margin, Biaya, Cabai Merah dan Keuntungan Pemasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:14
Last Modified: 13 Aug 2019 06:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item