ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU DARI GENDER

SALSABILA, RAHMA NURI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU DARI GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DLL.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK RAHMA NURI SALSABILA. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Peserta Didik Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau dari Gender. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ditinjau dari gender lakilaki dan perempuan berdasarkan level taksonomi SOLO. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive dari peserta didik kelas VIII 9 MTsN 5 Kuningan, subjek penelitian berjumlah 2 orang yang mewakili masing-masing gender yaitu gender laki-laki dan gender perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir aljabar, wawancara, dan observasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini dibagi menjadi dua instrumen yaitu instrumen utama dan instrumen bantu, instrumen utama terdiri dari peneliti sedangkan instrumen bantu terdiri dari soal kemampuan berpikir aljabar, lembar observasi, dan wawancara tak terstruktur. Teknik analisis data dalam penelitian ini berpedoman pada model Miles & Huberman, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kemampuan berpikir aljabar dalam penelitian ini diidentifikasikan melalui indikator menurut Kieran. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan berpikir aljabar peserta didik laki-laki pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) berdasarkan level taksonomi SOLO memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir aljabar yaitu generasional, transformasional, dan level metaglobal, setidaknya peserta didik laki-laki berada pada level multistruktural (multistructural) pada taksonomi SOLO dan kemampuan berpikir aljabar peserta didik perempuan pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) berdasarkan level taksonomi SOLO memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir aljabar yaitu generasional, transformasional, dan level meta-global, setidaknya peserta didik perempuan berada pada level relasional (relational) pada taksonomi SOLO. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Aljabar, Taksonomi SOLO, Gender

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:57
Last Modified: 15 Jun 2022 03:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5988

Actions (login required)

View Item View Item