INVESTIGATING EFL STUDENTS’ PERCEPTION OF PEER ASSESSMENT IN SPEAKING COURSE: A CASE STUDY

RAMADHAN, DELIA NANDASARI (2022) INVESTIGATING EFL STUDENTS’ PERCEPTION OF PEER ASSESSMENT IN SPEAKING COURSE: A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK DELIA NANDASARI RAMADHAN. 2022. Investigating EFL Students’ Perception of Peer Assessment in Speaking course: A Case Study. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penilaian merupakan aspek penting dalam sebuah pembelajaran. Penilaian mampu meningkatkan motivasi dan perkembangan terhadap pembelajaran siswa dan juga perkembangan Pendidikan termasuk dalam konteks pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing. Penilaian sejawat merupakan salah satu penilaian yang melibatkan siswa dalam prosesnya. Penilaian sejawat telah banyak digunakan dalam berbagai kelas termasuk kelas speaking pada mata kuliah profesional listening and speaking. Tujuan penelitian ini untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa yang belajar bahasa inggris sebagai bahasa asing terkait penggunaan penilaian sejawat pada mata kuliah professional listening and speaking berdasarkan prinsip teori konstruktivisme sosial. Untuk mengetahui tujuan tersebut penelitian ini menggunakan deskriptif studi kasus sebagai desain penelitian. Partisipan penelitian ini adalah 6 mahasiswa keguruan dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun angkatan 2017 yang telah mengikuti mata kuliah professional listening and speaking. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan dianalisis menggunakan Analisis Data Kualitatif dari Braun and Clarke (2006). Temuan menunjukan bahwa aktivitas sosial dalam penilaian sejawat memberikan banyak manfaat pengetahuan dan pengalaman terhadap mahasiswa di kelas speaking. Mahasiswa mendapatkan pengalaman terkait menilai kemampuan berbicara, mendapatkan pengetahuan baru tentang aspek kemampuan berbicara, sebagai evaluasi diri, meningkatkan interaksi yang baik, memotivasi untuk belajar kemampuan berbicara, dan juga mengetahui strategi pembelajaran kemampuan berbicara dari masing-masing mahasiswa. Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Penilaian Sejawat, Kemampuan Berbicara, Konstruktivisme Sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:57
Last Modified: 15 Jun 2022 03:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5987

Actions (login required)

View Item View Item