HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA BERGAYA BELAJAR VISUAL (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

ANDINI, WITRI NOOR AYU (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA BERGAYA BELAJAR VISUAL (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (224kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (392kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (360kB)
[img] Text
7. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB)

Abstract

ABSTRAK WITRI NOOR AYU ANDINI. 2022. HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA BERGAYA BELAJAR VISUAL (Studi Korelasional di kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan individu untuk berpikir secara mendalam dengan mengembangkan berbagai kemampuan berpikirnya termasuk kemampuan kognitif terhadap suatu informasi yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi pada siswa bergaya belajar visual di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksankan pada bulan Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 – 7 SMAN 6 Tasikmalaya yang berjumlah 137 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik purposive sampling di mana sampel dalam penelitian ini berdasarkan siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih dominan yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes berpikir kritis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi biologi, tes ini berupa tes tertulis berbentuk soal uraian sebanyak 9 soal. Kemudian untuk data gaya belajar visual siswa menggunakan angket gaya belajar sebanyak 23 pernyataan. Sedangkan data hasil belajar diambil dari nilai penilaian akhir tahun (PAT) kelas XI pada mata pelajaran biologi. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa bergaya belajar visual dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,365 yang berarti kekuatan hubungan antar variabel ada pada kategori rendah, dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,133. Sehingga kemampuan berpikir kritis memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 13,3 % dan kontribusi lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Berpikir Kritis; Gaya Belajar; Hasil Belajar; Korelasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:50
Last Modified: 15 Jun 2022 01:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5979

Actions (login required)

View Item View Item