PENGARUH BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA MA Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

LUTHFIANI, NINDA (2022) PENGARUH BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA MA Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (265kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK NINDA LUTHFIANI 2021. Pengaruh Blended Problem Based Learning Berbasis Whatsapp terhadap Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Konsep Virus (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA MA Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended problem based learning berbasis whatsapp terhadap kemampuan berargumentasi ilmiah peserta didik pada konsep virus di kelas X MIPA MA Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA sebanyak 202 orang. Sampel di ambil secara non-probability sampling berupa purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas MIPA 5 dan X MIPA 6 MA Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 61 peserta didik. Dengan kelas MIPA 6 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal argumentasi ilmiah sebanyak 7 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah t test independent dengan bantuan SPSS versi 26 for windows dengan nilai signifikansi (0,000). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dari blended problem based learning berbasis whatsapp terhadap kemampuan berargumentasi ilmiah peserta didik pada konsep virus. Temuan lainnya menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berargumentasi ilmiah peserta didik pada konsep virus berdasarkan komponennya yakni claim (2,224), evidence (1,825) dan reasoning (0,378). Kata Kunci: blended problem based learning dan argumetasi ilmiah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:49
Last Modified: 15 Jun 2022 01:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item