ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLTV DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

PUTRA, RIZKY PRATAMA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLTV DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Rizky Pratama Putra. 2022. Analisis Kemampuan Argumentasi Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal SPLTV Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLTV ditinjau dari Adversity Quotient. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengumpulan data berupa non tes Adversity Question, tes kemampuan argumentasi matematis dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dipilih dari peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kedungreja yang berjumlah 19 orang. Selanjutnya dari 19 orang subjek penelitian diambil 5 subjek yang masuk ke dalam masing-masing kategori AQ dengan skor yang paling tinggi dan subjek dapat diwawancara dengan baik terkait pengerjaan angket ARP dan soal tes kemampuan argumentasi matematis. Hasil dari penelitian ini yaitu pada indikator Data, subjek climbers, peralihan climbers-campers, campers dan peralihan campers-quitters sudah tercapai karena subjek mampu menyelesaikan model matematika dengan tepat, sedangkan subjek quitters belum tercapai karena belum mampu membuat model matematika dengan lengkap dan tepat. Pada indikator claim subjek climbers, peralihan climbers-campers, campers, dan peralihan campers-quitters sudah tercapai karena subjek mampu menyebutkan metode yang digunakan dengan tepat, sedangkan subjek quitters belum tercapai karena belum paham mengenai metode-metode yang digunakan dalam permasalahan. Pada indikator evidence subjek climbers dan peralihan climbers-campers sudah tercapai karena mampu menjelaskan dan menyebutkan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat, sedangkan subjek campers, peralihan campers-quitters dan quitters belum tercapai karena subjek tersebut tidak teliti dalam operasi perhitungan. Pada indikator reasoning subjek climbers sudah tercapai karena subjek mampu memberikan pembuktian penyelesaian masalah dengan tepat, sedangkan subjek peralihan climbers-campers, campers, peralihan campers-quitters dan quitters belum tercapai karena subjek belum mampu menyelesaikan permasalahan dengan tuntas. Pada indikator rebuttal subjek climbers sudah tercapai karena subjek mampu menyebutkan kontradiksi dengan tepat, sedangkan subjek peralihan climbers-campers, campers, peralihan campers-quitters dan quitters belum tercapai karena subjek belum mampu menjelaskan kontradiksi yang ada pada soal tersebut. Adapun ketidaktercapaian indikator kemampuan argumentasi matematis peserta didik adalah Peserta didik kurang teliti dalam melakukan perhitungan, Kurangnya pemahaman konsep dasar peserta didik terhadap materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dan peserta didik belum terbiasa dengan soal-soal kontekstual. Kata Kunci: Kemampuan Argumentasi Matematis, Soal SPLTV, Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:03
Last Modified: 07 Jun 2022 08:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item