PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Di Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

FITRIANI, AMALIA RIZKI (2022) PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Di Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (260kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (830kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Amalia Rizki Fitriani, 2022. Pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Di Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M. dan Ai Nur Solihat, M.Pd. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar ekonomi berdasarkan nilai rata-rata PAS Ekonomi SMA Negeri di Kota Tasikmalaya pada tahun ajaran 2020/2021 . tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat Pedagogical content knowledge (PCK) guru, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa. penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan Pedagogical content knowledge (PCK) guru terhadap hasil belajar siswa baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Tasikmalaya yang berjumlah 1.538 siswa yang tersebar di 10 sekolah. Jumlah sampel yang diambil sebayak 338 siswa yang tersebar di 10 sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri di Kota Tasikmalaya memiliki tingkat Pedagogical content knowledge (PCK) yang sedang, motivasi belajar yang sedang, serta hasil belajar yang sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pedagogical content knowledge (PCK) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sebesar -0,132, Pedagogical content knowledge (PCK) guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai estimasi 0,682 jika dipersenkan pengaruhnnya 68,2%, sedangkan motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sebesar 0,093, dan terdapat pengaruh yang signifikan Pedagogical content knowledge (PCK) terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar karena berdasarkan analisis jalur nilai t-hitung > dari nilai t tabel (5%) atau 5,727 > 1,96. Kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:38
Last Modified: 07 Jun 2022 07:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5907

Actions (login required)

View Item View Item