PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI

FAUZIAH, ADINDA LAILA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN(4).pdf

Download (242kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK ADINDA LAILA FAUZIAH. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli pada Materi Perbandingan Senilai. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis permainan monopoli pada materi perbandingan senilai dan mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan monopoli. Proses pengembangan media pembelajaran terdiri dari analysis, kegiatan yang dilakukan yaitu observasi ke SMP Negeri 1 Cikoneng dengan melakukan pengamatan kepada peserta didik dan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil observasi guru masih kurang dalam menggunakan media pembelajaran selain buku paket dan whiteboard, hal ini membuat peserta didik menjadi kurang tertarik dalam pembelajaran. Pada tahap design, peneliti mulai merancang media pembelajaran dengan mempertimbangkan hasil observasi tersebut, dan membuat media pembelajaran berbasis permainan monopoli dengan materi perbandingan senilai sesuai dengan silabus. Tahap development, kegiatan yang dilakukan terdiri dari pembuatan produk yang siap digunakan dan di uji kelayakan melalui penilaian ahli media dan ahli materi. Hasil penilaian dari ahli media yaitu 90% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian dari ahli materi yaitu 95% dengan kategori sangat layak. Tahap implementation, kegiatan yang dilakukan terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik terkait media pembelajaran permainan monopoli pada materi perbandingan senilai. Hasil dari respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 87% dengan respon positif dan pada uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 81% dengan respon positif. Tahap evaluasi, tahap ini kegiatan yang dilakukan yaitu merevisi media pembelajaran dari tahap-tahap sebelumnya berupa saran dan komentar dari para ahli. Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran matematika, permainan monopoli, perbandingan senilai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:32
Last Modified: 06 Jun 2022 07:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item View Item