HUBUNGAN ANTARA LITERASI KEUANGAN, KEPERCAYAAN, DAN PROMOSI DENGAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET (Survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Siliwangi)

HUMAIDAH, SYAFIQOH (2022) HUBUNGAN ANTARA LITERASI KEUANGAN, KEPERCAYAAN, DAN PROMOSI DENGAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET (Survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (231kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (576kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (613kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Syafiqoh Humaidah. 2022. Skripsi. “Hubungan Antara Literasi Keuangan, Kepercayaan, dan Promosi dengan Keputusan Penggunaan E-wallet.” (survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Gugum Gumilar, M.Pd. Perkembangan teknologi digital dalam bidang keuangan meningkat pesat, salah satunya yaitu kemunculan E-wallet. Keputusan pemanfaatan e-wallet haruslah didasari oleh pertimbangan beberapa aspek. Pemahaman Literasi Keuangan di kalangan generasi muda terutama mahasiswa dirasa belum cukup mumpuni, serta penanaman kepercayaan dan promosi yang diberikan platform penyedia jasa keuangan E-wallet merupakan faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan E-wallet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi keuangan, kepercayaan, dan promosi dengan keputusan penggunaan E-wallet. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018, 2019, dan 2020. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sample dengan kriteria responden adalah pengguna atau yang pernah menggunakan E-wallet. Metode analisis yang digunakan adalah data primer dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Pearson Produk Moment dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitan menunjukan bahwa 1). Literasi Keuangan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Keputusan Penggunaan E-wallet dengan nilai korelasi 0,554. 2). Kepercayaan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Keputusan Penggunaan E-wallet dengan nilai korelasi 0,727. 3). Promosi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Keputusan Penggunaan E-wallet dengan nilai korelasi 0,604. Kata Kunci : E-wallet, Literasi Keuangan, Kepercayaan, Promosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:32
Last Modified: 06 Jun 2022 07:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item View Item