HUMAIDAH, SYAFIQOH (2022) HUBUNGAN ANTARA LITERASI KEUANGAN, KEPERCAYAAN, DAN PROMOSI DENGAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET (Survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (231kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (482kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (576kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (501kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (386kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (613kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
Abstract
ABSTRAK Syafiqoh Humaidah. 2022. Skripsi. “Hubungan Antara Literasi Keuangan, Kepercayaan, dan Promosi dengan Keputusan Penggunaan E-wallet.” (survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Gugum Gumilar, M.Pd. Perkembangan teknologi digital dalam bidang keuangan meningkat pesat, salah satunya yaitu kemunculan E-wallet. Keputusan pemanfaatan e-wallet haruslah didasari oleh pertimbangan beberapa aspek. Pemahaman Literasi Keuangan di kalangan generasi muda terutama mahasiswa dirasa belum cukup mumpuni, serta penanaman kepercayaan dan promosi yang diberikan platform penyedia jasa keuangan E-wallet merupakan faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan E-wallet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi keuangan, kepercayaan, dan promosi dengan keputusan penggunaan E-wallet. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018, 2019, dan 2020. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sample dengan kriteria responden adalah pengguna atau yang pernah menggunakan E-wallet. Metode analisis yang digunakan adalah data primer dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Pearson Produk Moment dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitan menunjukan bahwa 1). Literasi Keuangan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Keputusan Penggunaan E-wallet dengan nilai korelasi 0,554. 2). Kepercayaan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Keputusan Penggunaan E-wallet dengan nilai korelasi 0,727. 3). Promosi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Keputusan Penggunaan E-wallet dengan nilai korelasi 0,604. Kata Kunci : E-wallet, Literasi Keuangan, Kepercayaan, Promosi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 07:32 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 07:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5901 |
Actions (login required)
View Item |