PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penulisan terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Ibun Kabupaten Bandung)

Andari, Deana (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penulisan terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Ibun Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi full deana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK DEANA ANDARI. 2018. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Penulisan terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Ibun Kab. Bandung). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penulisan ini menggunakan metode eksperimen. Populasinya seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Ibun Kabupaten Bandung. Sampel diambil 2 kelas secara acak kelas (random sampling), kelas VIII A yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII B yang menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dengan melakukan tes kemampuan komunikasi matematik dan menyebarkan angket motivasi belajar peserta didik. Instrumen penulisan yang digunakan soal tes kemampuan komunikasi matematik dan angket motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran langsung. Motivasi belajar peserta didik termasuk ke dalam kualifikasi tinggi. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Komunikasi Matematik, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:44
Last Modified: 03 Jun 2022 08:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item