RAMDANI, IJANG AZIS MIKDAR (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Penelitian Terhadap Peserta didik di Kelas XI MA Negeri Salopa Tahun Pelajaran 2016/2017). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover SKRIP.pdf Download (141kB) |
|
Text
ABSTRAK aa.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB 1,2,3 (jadi).pdf Download (744kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK IJANG AZIS MIKDAR RAMDANI, (2017). “Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Dengan Teknik Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Penelitian Terhadap Peserta Didik Di Kelas XI MA Negeri Salopa)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang yang mengakibatkan kurangnya ke aktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di MA Negeri Salopa. Sementara itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan pemahaman konsep pada kelas NHT sebelum dan sesudah perlakuan, perbedaan pemahaman pada kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan dan untuk mengetahui manakah yang lebih baik dalam meningkatkan Pemahaman konsep Ekonomi kelas yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model Pembelajaran Langsung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MA Negeri Salopa, sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas yang dipilih dengam menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep ekonomi. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa pemahaman konsep kelas yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model Pembelajaran Langsung. Dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu 0,63 yang setara dengan 63,00% sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata keseluruhan hasil tes yaitu 0,29 atau setara dengan 29,00%. dengan demikian terlihat bahwa model NHT lebih memberikan pengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep ekonomi peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 00:53 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 00:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5857 |
Actions (login required)
View Item |