EVALUASI SIMPANG BERSINYAL RADEN SALEH-KERAMAT RAYA JAKARTA PUSAT

RIZKYANI, KURNIA (2020) EVALUASI SIMPANG BERSINYAL RADEN SALEH-KERAMAT RAYA JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SodaPDF-converted-TA KURNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

EVALUASI SIMPANG BERSINYAL RADEN SALEH – KERAMAT RAYA JAKARTA PUSAT Kurnia Rizkyani1), Nina Herlina2), dan Hendra3) 1 Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Siliwangi 2, 3 Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Siliwangi e-mail: kurniarizkyani8@gmail.com ABSTRAK Simpang Raden Saleh adalah salah satu dari sekian banyak simpang bersinyal di kota jakarta yang memiliki permasalahan lalu lintas. Secara fisik simpang Raden Saleh merupakan simpang yang mencakup pertemuan tiga ruas jalan yang terdiri dari Jalan Raden Saleh, Jalan Keramat Raya, dan Jalan Salemba Raya. Perilaku pengguna jalan, khususnya angkutan kota yang berhenti di sepanjang jalan mengakibatkan kondisi lalu lintas macet. Analisis kinerja simpang Raden Saleh berupa kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, dan tundaan menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Data yang dibutuhkan untuk mengitung kinerja simpang adalah kondisi lingkungan sekitar, volume lalu lintas, geometrik simpang, dan jumlah penduduk. Hasil analisis kinerja simpang Raden Saleh dengan Derajat Kejenuhan pada pendekat Barat (DS) = 0,75 , pendekat Timur = 0,53, pendekat Selatan = 0,82. Panjang antrian pada pendekat Barat = 50,23 m , pendekat Timur = 84,87 m , pendekat Selatan = 75,29 m. Tundaan simpang rata-rata diperoleh 26 det/smp yang berarti bahwa Simpang Raden Saleh termasuk dalam tingkat pelayanan D. Volume kendaraan terbesar yang melewati simpang Raden Saleh – Keramat Raya adalah 1573,9 smp/jam untuk lengan Barat, 2337,8 smp/jam untuk lengan timur, 375,6 smp/jam untuk lengan selatan. Alternatif perbaikan simpang dengan mengubah waktu siklus menjadi 57 detik dan didapat Derajat Kejenuhan pada pendekat Barat (DS) = 0,78 , pendekat Timur = 0,56, pendekat Selatan = 0,80. Panjang antrian pada pendekat Barat = 38,14 m , pendekat Timur = 76,09 m , pendekat Selatan = 65,88 m. Tundaan simpang rata-rata 22,39 det/smp dengan tingkat pelayanan C. Kata kunci :Derajat Kejenuhan, MKJI 1997, Simpang Bersinyal, Tundaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 May 2022 07:57
Last Modified: 31 May 2022 07:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item