PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA RANGKAIAN KEGIATAN KE DALAM BENTUK TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Maryamah, Enok (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA RANGKAIAN KEGIATAN KE DALAM BENTUK TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (231kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

ABSTRAK Enok Maryamah, 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Data Rangkaian Kegiatan ke dalam Bentuk Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi, menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP/MTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan nilai yang penulis laksanakan diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar (kemampuan peserta didik) dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu pertemuan pertama untuk KD 3.6 terdapat 25 (74%) peserta didik yang sudah mencapai KKB terdapat 9 (26%) peserta didik yang belum mencapai KKB. Pada pertemuan kedua untuk KD 4.6 terdapat 24 (71%) peserta didik yang sudah mencapai KKB dan terdapat 10 (29%) peserta didik yang belum mencapai KKB. Pada siklus kedua pertemuan pertama, untuk KD 3.6 seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKB dan pada pertemuan kedua untuk KD 4.6 seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Kriteria Kemampuan Belajar (KKB) yang telah ditentukan dari sekolah yaitu 75. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 May 2022 07:57
Last Modified: 31 May 2022 07:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5848

Actions (login required)

View Item View Item