KORELASI ANTARA SELF CONFIDENCE DENGAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya)

SUSANTI, YULI (2021) KORELASI ANTARA SELF CONFIDENCE DENGAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi_Yuli Susanti_162151014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK YULI SUSANTI. 2021. Korelasi Antara Self Confidence dengan Literasi Matematis Peserta Didik (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self confidence peserta didik, literasi matematis peserta didik, dan korelasi antara self confidence dengan literasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan populasinya yaitu peserta didik VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya dan sampelnya diambil satu kelas secara acak yaitu kelas VIII-B sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran angket self confidence peserta didik dan tes literasi matematis peserta didik. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengolahan data berupa penskoran angket self confidence dan tes literasi matematis peserta didik, teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis data deskriptif, uji prasyarat dengan uji normalitas, uji linearitas regresi dan signifikansi, serta uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa self confidence peserta didik dengan kategori tinggi sebanyak 8 orang dengan presentase 26%, kategori sedang sebanyak 19 orang dengan presentase 61% dan kategori rendah sebanyak 4 orang dengan presentase 13%. Artinya, self confidence peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Tasikmalaya ini cenderung dalam kategori sedang dengan jumlah frekuensi terbanyak 19 orang dengan presentase 61%, literasi matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Tasikmalaya dengan predikat sangat baik yaitu sebanyak 4 orang dengan presentase 13%, predikat baik yaitu sebanyak 11 orang dengan presentase 35%, predikat cukup yaitu sebanyak 12 orang dengan presentase 39%, dan predikat kurang yaitu sebanyak 4 orang dengan presentase 13%. Artinya, literasi matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Tasikmalaya ini cenderung dalam predikat cukup, dengan jumlah frekuensi terbanyak 12 orang dengan presentase 39%. Serta terdapat korelasi antara self confidence dengan literasi matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Tasikmalaya dengan kriteria korelasi positif sedang. Kata kunci : self confidence, literasi matematis, korelasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 May 2022 03:48
Last Modified: 31 May 2022 03:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5826

Actions (login required)

View Item View Item