PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA MATERI ATMOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANJAR

WAHYUDI, AGUNG (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA MATERI ATMOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Agung Wahyudi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK AGUNG WAHYUDI 2020. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Pada Materi Atmosfer Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Banjar. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 3 Banjar yang diketahui dari proses pembelajaran yang kurang interaktif serta didominasi sebagian siswa yang menyebabkan rendahnya perolehan nilai pada Mata Pelajaran Geografi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe time token pada Mata Pelajaran Geografi materi atmosfer pada siswa kelas x di SMA Negeri 3 Banjar? (2) Bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar dan motivasi belajar Mata Pelajaran Geografi materi atmosfer pada siswa kelas x di SMA Negeri 3 Banjar? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Kuisioner, Wawancara, Dokumentasi, Studi literatur, dan tes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang dengan teknik pengambilan berupa simple random sampling dan 2 orang sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik berupa t-test. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji instrumen, yaitu uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa langkahlangkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe time token pada Mata Pelajaran Geografi materi atmosfer pada siswa kelas x di SMA Negeri 3 Banjar yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran, mengkondisikan siswa untuk belajar, memberi tugas, memberikan kupon bicara, meminta menyerahkan kupon sebelum berpendapat, dan memberi nilai. Model pembelajaran kooperatif tipe time token berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar Mata Pelajaran Geografi materi atmosfer pada siswa kelas x di SMA Negeri 3 Banjar, yaitu semakin baik penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token, maka semakin tinggi hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif tipe Time token, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 30 May 2022 00:44
Last Modified: 30 May 2022 00:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5821

Actions (login required)

View Item View Item