PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pasaleman Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2019/2020)

Pertiwi, Chairunnisa Intan (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pasaleman Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI CHAIRUNNISA INTAN PERTIWI_162121043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Chairunnisa Intan Pertiwi, 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan serta Menyajikan Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pasaleman Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah dan menyajikan teks prosedur merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 revisi yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP. Namun kenyataannya, di SMP Negeri 1 Pasaleman Kabupaten Cirebon masih banyak peserta didik yang belum menguasai kompetensi menelaah dan menyajikan teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pasaleman Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes dan teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Pasaleman Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat perubahan signifikan dari siklus satu ke siklus dua. Siklus kesatu aspek pengetahuan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 15 peserta didik (47%) dan peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 17 peserta didik (53%). Pada aspek keterampilan peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 14 peserta didik (44%) dan peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 18 peserta didik (56%). Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 32 orang (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Data mengenai penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pasaleman Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 30 May 2022 00:44
Last Modified: 30 May 2022 00:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5816

Actions (login required)

View Item View Item