SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN TOMAT (Kasus Pemasaran Tomat dari Desa Cipulus Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka Sampai ke Pasar Induk Jagasatru dan Pasar Ciawigebang)

TUZANAH, NOVIA (2021) SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN TOMAT (Kasus Pemasaran Tomat dari Desa Cipulus Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka Sampai ke Pasar Induk Jagasatru dan Pasar Ciawigebang). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI NOVIA TUZANAH.pdf

Download (62kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI NOVIA TUZANAH.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI NOVIA TUZANAH.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI NOVIA TUZANAH.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI NOVIA TUZANAH.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI NOVIA TUZANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB VI SKRIPSI NOVIA TUZANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN TOMAT (Kasus Pemasaran Tomat dari Desa Cipulus Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka Sampai ke Pasar Induk Jagasatru dan Pasar Ciawigebang) Oleh Novia Tuzanah NPM 175009020 Dosen Pembimbing: Candra Nuraini Tedi Hartoyo Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran tomat dari Desa Cipulus Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka sampai ke pasar Jagasatru dan pasar Ciawigebang serta menganalisis biaya, keuntungan, marjin dan farmer’s share. Penelitian dilakukan dari Desember 2020 - Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Responden lembaga pemasaran ditentukan dengan menggunakan metode snowball sampling. Sampel pedagang pengumpul yang diambil sebanyak 2 orang, pedagang besar 1 orang dan pedagang pengecer 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran tomat dari Desa Cipulus, yaitu saluran tiga tingkat adalah Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. Saluran dua tingkat adalah Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. Fungsi – fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran adalah fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Biaya total saluran I Rp. 1.751,5 per kilogram, saluran II Rp. 931,7 per kilogram. Keuntungan total saluran I Rp. 1.748,5 per kilogram, saluran II Rp. 1.568,3 per kilogram. Marjin pemasaran saluran I Rp. 3.500 per kilogram, saluran II Rp. 2.500 per kilogram. Farmer’s share saluran I 56,3 persen, saluran II 66,7 persen. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran, Tomat, Cipulus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 18 May 2022 02:16
Last Modified: 18 May 2022 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5747

Actions (login required)

View Item View Item