PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas XI IPS di SMAN 1 Cikatomas Tahun Pelajaran 2018/2019)

ISTIQOMAH, ANISA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas XI IPS di SMAN 1 Cikatomas Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
ANISA ISTIQOMAH_142165082_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CPS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Istiqomah. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi” (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cikatomas Tahun Pelajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan analisis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis peserta didik menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) di SMAN 1 Cikatomas. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh kelas XI di SMAN 1 Cikatomas sebanyak 204 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan analisis berbentuk essay berjumlah 13 soal. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 22.0 yaitu uji paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,752 berada dalam kategori tinggi dan N-Gain kelas kontrol sebesar 0,508 berada dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh thitung sebesar 0,000. Dengan demikian thitung <

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 May 2022 02:52
Last Modified: 17 May 2022 02:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5741

Actions (login required)

View Item View Item