PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Materi Perang Dunia II Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 1 Semester II SMA Negeri 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019)

IRAWAN, ADE (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Materi Perang Dunia II Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 1 Semester II SMA Negeri 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER, PENGESAHAN, DAFTAR ISI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
2. ISI BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
3.DAPUS.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Irawan 2019. Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Di bawah bimbingan Dr. Dodih Heryadi, Drs., M.Pd. dan Yulia Sofiani S.Pd.,M.Hum.Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental design, dengan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, yaitu desain kuasi eksperimen dengan melibatkan perbedaan pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih berdasarkan pertimbangan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindangkasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (4,036 > 0,6781) dan nilai protabilitas (sig 0,000 > 0,05). Artinya model pembelajaran dengan menggunakan media Power Point berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil persamaan regresi sederhana diperoleh persamaan Y = 72,143 + 11,964X. Arti persamaan tersebut adalah variabel hasil belajar dengan menggunakan media Power Point memiliki kriteria positif karena bertanda (+) yaitu sebesar 11,964. Dan besarnya pengaruh penggunaan media belajar dengan media Power Point pada penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 44 persen, sisanya 56 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Power Point, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 May 2022 02:52
Last Modified: 17 May 2022 02:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item