PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP (Penelitian di Kelas VIII SMP YPI Al-Huda Kota Tasikmalaya)

NUROSIDAH, SANI (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP (Penelitian di Kelas VIII SMP YPI Al-Huda Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Sani Nurosidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK SANI NUROSIDAH. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop Co-op (Penelitian di Kelas VIII SMP YPI Al-Huda Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu untuk mengetahui pada langkah mana peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematik dengan menggunakan langkah-langkah Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan populasi penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP YPI Al-Huda Kota Tasikmalaya, serta dua kelas diambil sampel. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dengan menggunakan model pembelajran kooperatif tipe Co-op Co-op, dan peseerta didik mengalami kesulitan terbesar dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematik menurut langkahlangkah Polya pada langkah keempat yaitu memeriksa kembali kebenaran hasil. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op, Kemampuan Pemecahan masalah Matematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 May 2022 02:18
Last Modified: 13 May 2022 02:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5729

Actions (login required)

View Item View Item