ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA DOMAIN KOGNITIF REASONING

NINGRUM, DEWI RIESDIANA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA DOMAIN KOGNITIF REASONING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
5 Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (221kB)
[img] Text
7 Daftar Isi.pdf

Download (36kB)
[img] Text
11 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
12 BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (269kB)
[img] Text
13 BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
14 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15 BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

ABSTRAK DEWI RIESDIANA NINGRUM. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Domain Kognitif Reasoning. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal TIMSS pada domain kognitif reasoning serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis, yaitu berupa soal TIMSS pada domain kognitif reasoning dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII di SMP Terpadu Darussalam, Rajapolah. Penentuan subjek penelitian berdasarkan pada hasil jawaban kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal TIMSS pada domain kognitif reasoning, yaitu satu orang peserta didik pada masing-masing kategori LCT (LCT-3, LCT-2, LCT-1 dan LCT�0) yang memuat indikator berpikir kritis menurut Facione. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek S6, S3, dan S10 dapat mengungkapkan fakta berupa apa yang diketahui dan ditanyakan, menganalisis hubungan antarkonsep pada soal, dan mengevaluasi data hasil analisisnya dengan melakukan perhitungan. Akan tetapi, hanya S6 dan S3 yang dapat menarik kesimpulan dari hasil evaluasi disertai alasan yang logis. Setelah menyelesaikan soal, hanya S6 yang memeriksa kembali jawaban. S13 tidak dapat memahami, menganalisis dan mengevaluasi soal, sehingga tidak dapat memberikan hasil akhir disertai alasan yang logis. Selain itu, S13 juga tidak memeriksa kembali jawabannya. Kesulitan yang dialami peserta didik mengenai kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal TIMSS pada domain kognitif reasoning, yaitu S6 dan S3 tidak mengalami kesulitan; S10 mengalami kesulitan menggunakan konsep; S13 mengalami kesulitan menggunakan konsep dan prinsip, serta kesulitan menyelesaikan masalah verbal. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Soal TIMSS Domain Reasoning, Kesulitan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 May 2022 01:49
Last Modified: 13 May 2022 01:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5726

Actions (login required)

View Item View Item