PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING PT. BNI SYARIAH KC TASIKMALAYA

HANIPAH, MILA (2021) PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING PT. BNI SYARIAH KC TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Mila Hanipah final 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MILA HANIPAH, 2021, PENGARUH E-SERVICE QULAITY TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING PT BNI SYARIAH KC TASIKMALAYA. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Kepuasan nasabah adalah suatu tanggapan emosional yang dirasakan oleh nasabah pada saat mereka mereka menggunakan produk/jasa apakah sesuai dengan harapan atau tidak. Pelayanan elektronik dihadirkan oleh perbankan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan mencapai kepuasan nasabah, salah satunya mobile banking. Kepuasan nasabah dalam layanan elektronik dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu convenience, merchandising, site design, security dan serviceability. Namun berdasarkan hasil observasi kepada para pengguna mobile banking BNI Syariah KC Tasikmalaya ternyata masih ada nasabah yang masih merasa belum sesuai dengan harapannya dalam beberapa faktor di atas. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka didapat rumusan masalah sebagai berikut: 1) bagaimana e-service quality pada pengguna mobile banking PT BNI Syariah KC Tasikmalaya? 2) bagaimana kepuasan nasabah pada pengguna mobile banking PT BNI Syariah KC Tasikmalaya? 3) bagaimana pengaruh e-service quality terhadap kepuasan nasabah pada pengguna mobile banking PT BNI Syariah KC Tasikmalaya?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah deskripsi data dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi, analisis regresi, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian: 1) E-service Quality pada mobile banking PT. BNI Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya sudah melakukan pembaruan dengan dihadirkannya berbagai fitur baru dan juga tingkat keamanan yang lebih tinggi. 2) Kepuasan nasabah pada pengguna mobile banking PT. BNI Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya sampai saat ini cukup baik. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak yang hanya menggunakan mobile banking untuk beberapa kepentingan saja. 3) E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna mobile banking PT. BNI Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: E-service Quality, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 11 May 2022 06:36
Last Modified: 11 May 2022 06:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item View Item