ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITAMATEMATIKA BERDASARKAN FONG’S SCHEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X Desain dan Produksi Kria Tekstil 2 SMK Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019)

SUDARYA, UJANG DERMAWAN (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITAMATEMATIKA BERDASARKAN FONG’S SCHEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X Desain dan Produksi Kria Tekstil 2 SMK Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi (Ujang Dermawan Sudarya 142151167).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UJANG DERMAWAN SUDARYA. 2018. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN FONG’S SCHEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X Desain dan Produksi Kria Tekstil 2 SMK Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Fong’s schematic model for error analysis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dari hasil analisis jawaban peserta didik dan trankrip wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa jenis kesalahan tahap pertama yang dilakukan peserta didik adalah (E1) skema lengkap dengan kesalahan, (E3) skema tidak lengkap dengan kesalahan, (E4) menggunakan prosedur yang tidak tepat, (E5) tidak ada solusi. Adapun kesalahan tahap kedua yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan bahasa, operasional, dan tema matematika. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik antara lain: peserta didik kurang memahami maksud dari permasalahan yang disajikan dalam soal sehingga menggunakan prosedur yang tidak sesuai dengan konsep sistem persamaan linear dua variabel, kurang teliti dalam melakukan perhitungan, kurang menguasai materi prasyarat (bentuk ekuivalen dari sebuah persamaan), tidak memahami metode eliminasi dan substitusi baik secara konsep maupun prinsip, dan lemah dalam melakukan perhitungan operasi matematika. Kata kunci : Analisis kesalahan peserta didik, soal cerita matematika, Fong’s schematic model for error analysis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 May 2022 02:27
Last Modified: 11 May 2022 02:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5707

Actions (login required)

View Item View Item