PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED OF INDIVIDUALITATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SUB BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN SAMPAI TERBENTUKNYA PEMERINTAHAN INDONESIA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020

APRILISA, FAUZIA NUR (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED OF INDIVIDUALITATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SUB BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN SAMPAI TERBENTUKNYA PEMERINTAHAN INDONESIA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK FAUZIA NUR APRILISA. 2020. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED OF INDIVIDUALITATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SUB BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN SAMPAI TERBENTUKNYA PEMERINTAHAN INDONESIA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Berdasarkan observasi awal di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya terlihat kurangnya perhatian peserta didik pada materi sejarah yang diajarkan, rendahnya kesadaran untuk belajar sendiri, serta sumber belajar siswa hanya dari materi yang disampaikan oleh pendidik. Permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar kognitif peserta didik menjadi rendah dan dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata ulangan harian peserta didik. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted of Individualitation (TAI) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia sub bahasan proklamasi kemerdekaan sampai terbentuknya pemerintahan Indonesia kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/ 2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Peneliti memilih sampel kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampling purposif. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa dengan soal pilihan ganda sebanyak 21 butir dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistik 25.0. Hasil pengolahan data menggunakan Independent Sample T�Test diperoleh nilai thitung 6,062 > ttabel 1,690 dengan nilai Sig (2-Tailed) 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted of Individualitation (TAI) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia sub bahasan proklamasi kemerdekaan sampai terbentuknya pemerintahan Indonesia di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/ 2020. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, metode Team Assisted of Individualitation (TAI), Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 11 May 2022 02:03
Last Modified: 11 May 2022 02:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item View Item