PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR MELALUI WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KESETARAAN ( Studi pada tutor kesetaraan paket A,B, Dan C di kota Tasikmalaya )

PADLILAH, MUHAMAD (2020) PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR MELALUI WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KESETARAAN ( Studi pada tutor kesetaraan paket A,B, Dan C di kota Tasikmalaya ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD PADLILAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD PADLILAH. 2020. PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR MELALUI WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KESETARAAN. (STUDI PADA TUTOR KESETARAAN PAKET A,B, DAN C DI KOTA TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Pendidikan kesetaraan merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan tidak bisa dipungkiri dengan adanya pendidikan kesetaraan banyak masyarakat terbantu untuk bisa mengenyam pendidikan, tutor menjadi kunci utama dalam keberhasilan pendidikan kesetaraan baik buruknya kualitas pembelajaran ditentukan oleh Tutor untuk menjadi tutor yang berkualitas tentu harus banyak mengikuti palatihan dan work shop bagaimana menjadi Tutor yang berkualitas, salah satu kompetensi yang harus di miliki oleh tutor adalah kompetensi pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peningkatan kompetensi pedagogik Tutor yang ada di Kota Tasikmalaya setalah mengikuti work shop implementasi kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan yang di laksanakan oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan Kemendikbud, yang ditempatkan di PKBM Gema Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian campuran atau Mixed Method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kompetensi pedagogik Tutor yang ada di Kota Tasikmalaya setelah mengikuti work shop implementasi kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan. Hal ini dibuktikan melalui pengukuran lewat pengisian Angket yang disebar kepada peserta work shop dalam hal ini adalah Tutor. Singkatnya, work shop implementasi kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan dinilai mampu meningkatkan kompetensi pedagogik Tutor paket A, B, dan C yang ada di Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : kompetensi pedagogik, Tutor, work shop

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 May 2022 04:36
Last Modified: 09 May 2022 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5685

Actions (login required)

View Item View Item